Lucid Dream!

Lucid Dream

Entah kenapa beberapa waktu belakangan ini, topik pembicaraan temen-temen saya di kampus suka ngomongin soal “ketindihan jin” or something like that lah pokoknya.

Ya, dari heboh-nya ketindihan jin, liat sosok gaib ampe segala macem kaya gitu pokoknya. Hmm, saya yang (lagi lagi) kebetulan tau soal hal beginian akhirnya nerangin panjang lebar tentang apa yang mereka maksud dengan “ketindihan” dan segala macem tetek bengeknya. Ya udah, sekalian saya share pengetahuan yang saya tau tentang ini aja di blog ini.

Ilmu atau, ehem… pengetahuan soal ini tu saya dapet dari kaskus dibagian sub-forum supranatural, dan juga temen temen kenalan dari Hikmatul Iman juga. hehe. Dan akhirnya karena saya tertarik saya cari lebih jauh lagi soal ini. Saya coba jelasin soal ini dengan bahasa saya sendiri ya, abis sumber yang saya dapet dulu ilang ntah kemana. hehe

Oke, langsung aja deh. Tau istilah “ketindihan jin” saat tidur atau menjelang tidur? Atau bahkan pernah ngerasain?

Itu bukan dikarenakan ada jin iseng yang gangguin kita lho. Ya mungkin aja ada yang kasusnya emang bener “digangguin” sih. hehe. Ehem, tapi secara science itu ternyata bisa dijelaskan secara logika lho. Dalam ilmu science, hal seperti ini disebut dengan Sleep Paralysis. Nah loh, apaan tuh?

Oke, Sleep Paralysis (selanjutnya disingkat SP ya) adalah salah satu tahap saat mengalami atau melakukan Lucid Dream! apaan lagi nih Lucid Dream? hehe. Oke, saya jelasin Lucid Dream (selanjutnya disingkat LD) dulu. LD adalah keadaan dimana kita tu sadar kalo kita tu sedang bermimpi. Apa hebatnya sih kondisi saat kita sadar kalo kita lagi bermimpi? kita bisa mengontrol mimpi kita sendiri!

Hm.. tau atau udah pernah nonton film Inception?

Inception

Ya, film ini sebenernya menggambarkan lebih jelas tentang apa yang dinamakan soal LD. Saat berada dalam kondisi bermimpi, dan sadar… dengan imajinasi dan konsentrasi penuh kita bisa “membuat ” mimpi kita sendiri. Yap, langsung contoh kasus aja ya. Saya pernah bisa LD. Ya… dan apa yang bisa saya lakukan saat itu? Saya bisa terbang dimimpi saya itu, karena saya memikirkan untuk terbang. hahaha…. terlihat konyol? mungkin iya, tapi saya bener bener mengalaminya sendiri :D

Perbedaan mimpi biasa dan LD apa dong? oke, kalo mimpi biasa… kita hanya mengikuti “skenario” mimpi yang udah didapat, kan? kita ga bisa mengendalikan secara penuh, atau dalam hal ini mungkin karena kita ga sadar kalo itu sebuah mimpi. Nah inilah dia yang mesti bisa “dimasuki” oleh kita.

Dan inilah beberapa langkah buat melakukan LD secara disengaja, atau disebut WILD (Wake Initiated Lucid Dreaming) :

Pertama, konsentrasi dan Rileks. Tutup mata, konsentrasikan pikiran buat relaksasi ujung rambut sampai ujung kaki. Buka mata dan pikiran. Bikin bayangan visual sementara mata kita tertutup. Jangan kosong gitu aja…. Jaga pikiran agar tetap sadar. Tubuh rileks tapi pikiran terjaga dalam keadaan santai. Soalnya, kalo pikiran tegang, tubuh tidak akan mau “diajak” tidur. hehe

Cara ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya berhitung, itung domba, bayangin diri lagi naik turun tangga, dan lain sebagainya.

Kedua, Hypnagogic State! Ini adalah kondisi saat kita udah berhasil masuk ke “lapisan” antara dunia nyata & dunia mimpi, atau batas antara kesadaran dan ketidaksadaran. Saya nyebutnya sih persimpangan Sadar – Mimpi. hehe. Saat kita tiba disini, di Hypnagogic State dalam keadaan sadar, kita biasanya akan mengalami SP! Nah ini dia… di tahap ini biasanya kita bakal kerasa semacem : susah banget buat bergerak, sulit bernafas, kepala kerasa berputar-putar, dan perasaan melayang ke dimensi lain. Pernah ngerasa kaya gitu? hehe… kalo iya, lanjutin baca, mari kita pelajari bersama sama penjelasannya : )

Sleep Paralysis

Nah, dalam SP tingkat ekstrim… kadang malah ada yang pas ngalamain tahap ini, bakal ngerasain yang aneh lagi. kaya semacem : denger dengungan keras, teriakan, bahkan ngeliat semacem sosok duduk di dada kita, atau ada bayangan item lagi memperhatikan kita. Orang orang biasa nyebut keadaan ini dengan ketindihan jin! Penjelasan ilmiahnya kira kira begini…. sebenernya itu semua ilusi dan perasaan aja.

Inti nya dibawa rileks aja. Saat kita “ketindihan” ehem, SP….otak langsung mematikan seluruh saraf motorik kita. Ini sebabnya saat SP, kita jadi susah bergerak, nah…tujuan si otak ngelakuin itu tu… biar kita ga gerak gerak ntar pas kita lagi mimpi, atau pas kita “ngikutin” mimpi. Pernah denger atau tau soal penyakit orang yang berjalan saat tidur? penyakit itu dikarenakan ada yang ga beres saat proses pematian saraf motoriknya.

Nah terus yang dengungan segala macem itu apa? oke, dikarenakan seluruh tubuh motorik kita dimatikan dan tidak berfungsi, seluruh kesadaran itu “beralih” ke indra indra yang sering kita abaikan di saat sadar, yaitu pendengaran! jadi suara sekecil apapun bahkan kita bisa denger, bahkan tetesan air keran di kamar mandi kita bisa mendengar sampe ke gema2nya… bisa sampe kaya gitu.

Kalau tentang tawa dan sosok sosok item itu, mungkin dikarenakan yaa…..taulah Indonesia kan selalu menghubungkan sesuatu yang aneh dengan klenik klenik kaya gitu. Sebenernya itu cuma perasaan takut kita yg ngebuat kita berhalusinasi, dan muncul deh. Kebanyakan mengaku yg terlihat itu samar samar, hitam, ato ga jelas..jadi itu kemungkinan besar juga merupakan ilusi kita aja yg mempengaruhi. ditambah dengan sensor indera kita yang makin peka… mungkin bisa juga. hehe

oke, back to step to WILD…. kebanyakan orang bakal panik saat masuk didalam level SP ini, dan terbangun. Lebih baik jangan…. Tenangkan diri. Tenang saja, belum ada orang mati karena masuk ke alam mimpi. BELUM. hahaha. Saat tahap ini tangan dan kaki terasa sangat kaku dan susah digerakkan, itulah yang menyebabkan kalo kita maksain bangun dari kondisi ini malah jadi tambah capek! intinya jangan dilawan…dibawa rileks aja. Pertama mungkin akan panik dan terbangun, tapi kalau cukup sering tiba di fase ini, mudah-mudahan rasa panik itu akan hilang seiring dengan pembiasaan diri.

Terakhir, Ini adalah fase setelah kita berhasil nembus tahap SP. Tiba di alam mimpi dengan keadaan sadar. Kita biasanya bakal mengalami sensasi yang berbeda beda, biasanya sih semacem ada di terowongan yang gelap gulita gitu. Kadang orang sudah sampai sini, panik, dan terbangun. Waah, sayang banget!

kalo udah masuk di terowongan gelap gitu, tinggal mainin pikiran kita…. jalan aja, ato cari titik terang… jalan kearahnya sambil berharap dan membayangkan tempat yg akan kita tuju. Nah, pas kita tiba di sini, dengan berkonsentrasi yang cukup keras + imajinasi juga tentu, kita dapat memilih dan menjelajahi mimpi kita sendiri. Dan kita secara resmi berhasil menjadi seorang Oneironaut/Dream Bender! Mainin imajinasi deh…. mau terbang silakan, mau ngapain silakan. bisa semua. hehe….

—-

sebenernya masih ada ilmu lagi tentang bagaimana mempermudah masuk ke LD, cara memperjelas LD dan semacemnya, tapi kapan kapan aja deh dishare-nya, kalo ada waktu :P

oke, sekian sekilas pengetahuan yang saya tau tentang Lucid Dream dan semacemnya. Moga bermanfaat : )

See You Next Post!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s